Cahaya Temaram

Mari Membuat Teh : Honey Citrus Green Tea

Honey Citrus Green Tea dalam cangkir cantik.

Honey Citrus Green Tea dalam cangkir cantik.

Gaes, tau gak kalau kulit jeruk ternyata sering sekali dijadikan bahan untuk membuat keu atau minuman? Yup, kulitnya bemanfaat dalam memberikan aroma khas dalam minuman termasuk membuat kreasi resep teh yang mau aku tulis di sini.
Rasanya seger banget. Emang sih rasa jeruknya jadi lebih mendominasi dari teh hijaunya. Tapi minuman ini memberikan sensasi berbeda buat dinikmati di sore hari. Yuk coba bikin resep teh hasil kreasi dari Ratna Somantri ini :
Bahan :
  • 1 jeruk lemon ambil kulitnya. Caranya pake parutan khusus (bisa searching di google bentuk parutannya, banyak dijual di supermarket ko). Parut kulit terluarnya saja, jangan sampai kena bagian putihnya karena akan terasa pahit
  • 2 sendok makan air perasan jeruk lemon
  • 2 sendok teh, teh hijau
  • 250 cc air panas
  • Madu, sesuai selera
  • 200 cc perasan jeruk orange
Cara Membuat :
  • Didihkan air bersama parutan kulit jeruk lemon, sampai aromanya wangi. Matikan api dan biarkan sampai suhu 75C
  • Seduh teh dengan air rebusan kulit jeruk lemon selama 3 menit
  • Panaskan perasan jeruk Orange sampai 60C
  • Campuran air jeruk orange, seduhan teh, air perasan lemon dan madu. Sajikan selagi hangat. Selamat mencoba!
Resep untuk 2 cangkir teh.
Tips :
Bingung gak sih nentuin suhun 60-70 derajat celcius itu kaya gimana? Kalau gak punya termometer bisa dikira-kira ko. Caranya tuang air dalam cangkir keramik. Cangkir yang dituangkan air dengan suhu di bawah 80 derajat celcius bisa langsung dipegang oleh tangan. Tapi saat kamu memegang badan cangkir, tangannya langsung spontan mengangkat karena kepanasan, bisa dipastikan suhunya di atas 80 derajat celcius. (tdk)***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *