Cahaya Temaram

Teh Hijau (yang sedang) Berkilau

Frappucino green tea Starbuck yang kudapatkan gratis karena membelinya saat sedang berulang tahun. Sekarang Matcha juga banyak dikemas dalam botol minuman ringan yang bisa dibeli di minimarket.

Frappucino green tea Starbuck yang kudapatkan gratis karena membelinya saat sedang berulang tahun. Sekarang Matcha juga banyak dikemas dalam botol minuman ringan yang bisa dibeli di minimarket.

Jenis teh ini lagi naik daun. Bahkan dia bisa mendobrak varian rasa-rasa klasik yang selama ini ada seperti vanila, cokelat, dan strawberry. Ya, dia si teh hijau alias green tea.

Gimana enggak, makanan apapun sekarang dikasih bahan ini mulai dari es krim, roti bakar, biskuit, brownies, kue cubit dan masih banyak lagi.Kepopulerannya semakin berkilau karena hampir semua cemilan yang ada rasa teh hijaunya tersebut ternyata laku di pasaran. Biasanya teh hijau yang digunakan sebagai bahan campuran itu berbentuk serbuk atau lazim disebut matcha.

Teh hijau yang baru diseduh.

Teh hijau yang baru diseduh.

Namun jauh sebelumnya, teh hijau telah lama dikonsumsi dalam bentuk daun kering yang diseduh terutama di negara Cina dan Jepang. Bahkan negara-negara ini memiliki tradisi upacara minum teh tersendiri lengkap dengan filosofinya.

Teh hijau tersohor sebagai minuman yang memiliki khasiat kesehatan.Varian ini termasuk salah satu dari empat jenis teh klasik selain teh hitam, teh oolong, dan teh putih. Teh hijau tidak diperoleh dengan proses fermentasi, melainkan melalui pemanasan sehingga oksidasi terhadap katekin (zat antioksidasi) dapat dicegah. Hmm, pantes teh ini berkhasiat untuk awet muda, karena banyak antioksidannya.

Bila diseduh dengan benar, teh hijau akan menghasilkan rasa yang sedikit manis di awal. Namun jika salah menyeduhnya, maka rasanya akan sangat pahit dan sepet. Untuk mendapatkan khasiat dan rasa sempurna, teh hijau sebaiknya tidak dicampur dengan bahan lainnya seperti gula dan susu.

Nah cara menyeduh teh hijau tersebut adalah
dengan suhu air 70 derajat celcius saja, jangan 100 derajat celcius. Ada cara yang bisa dilakukan agar kita bisa memperkirakan suhu air 70 derakat celcius tanpa termometer. Suhu 70 derajat celcius bisa didapatkan jika air yang kita masak belum mendidih. Setelah itu, tuangkan air tersebut ke dalam cangkir dan coba menyentuhnya. Jika kita merasa panas sehingga sulit menyentuh cangkir, maka suhunya kemungkinan berada di atas 80 derajat celcius.

Ada juga yang menyebutkan bahwa teko yang digunakan sebaiknya disiram dulu dengan air panas. Hal itu bertujuan agar suhu teh tidak langsung dingin ketika diseduh dalam teko.

Daun teh hijau yang diseduh bisa digunakan sampai delapan kali jika kualitasnya baik. Lain halnya dengan teh celup sebaiknya tidak diseduh dua kalu.

Khasiat terbaik teh hijau juga akan terasa bila tidak diseduh dengan air yang direbus lebih dari satu kali. Proses merebus ternyata dapat menurunkan kadar mineral dari air tersebut.

Nah setelah proses menyeduh selesai, segera minum teh hijau tersebut. Membiarkan teh yang telah diseduh terlalu lama hanya akan mengurangi khasiatnya. Duh ko kaya cinta ya, membuatnya menunggu terlalu lama hanya akan…(silahkan isi sesuai imajinasi masing-masing). (tdk)***

Referensi :

http://www.teaclass.com/lesson_0205.html
http://balittri.litbang.pertanian.go.id/index.php/component/content/article/49-infotekno/159-mengenal-4-macam-jenis-teh
http://m.beritasatu.com/kuliner/149907-jangan-menyeduh-teh-hijau-dengan-air-mendidih.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *