Cahaya Temaram

Salam Hangat Suam-suam Kuku!

Beberapa hari ini, Aksam menunjukkan perilaku baru. Dia sering tiba-tiba berteriak sambil nangis kencang saat sedang tidur. Padahal suasana di sekitarnya sedang tenang.
Aku pun berspekulasi kalau imajinasi Aksam sudah semakin berkembang. Mimpinya semakin bervariasi, termasuk mimpi buruk. (Kebiasaan sejak jadi ibu : bikin teori sendiri hehehe).
Saat seperti itulah aku biasanya langsung memeluk dia. Sambil mengelus lembut kepalanya, aku berbisik padanya.
“Aksam jangan panik, ini ambu. Jangan takut, ada ambu di sini peluk Aksam terus,”ujarku dengan nada suara meyakinkan.
Entah kebetulan atau tidak, Aksam langsung tenang setelah dibisikkan kata-kata tersebut. Padahal dia kan belum bisa ngomong ya. Tapi banyak kejadian yang menunjukkan kalau dia tuh meresapi apa yang aku omongin.
Ironisnya di saat bersamaan, ada bagian dari hati kecilku yang teriak.”Yakin lo? Emang kamu sekuat apa (buat melindungi Aksam) ? Ngadepin masalah sendiri aja masih suka cengeng”
Hiks, iya sih. Diri ini masih banyak banget kelemahan. Tapi aku percaya, selemah apapun seorang ibu, dia akan berjuang habis-habisan demi anaknya. Anak merupakan senjata bagi ibu untuk mengeluarkan energi tak terduga yang maha dahsyat.
Jadi tetap semangat yes. Salam hangat suam-suam kuku untuk seluruh ibu di dunia! (tdk)***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *